TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN (HARDWARE DAN SOFTWARE)

TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN
(HARDWARE DAN SOFTWARE)







KELOMPOK 1:

ADAM MAULANA
ISMAYUNI. AS
SUKMAWATI
ASTRIANI
NUR INA
NIRMALASARI



AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

2018

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.        Latar Belakang Masalah
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat berkembang di masyarakat. Umumnya Teknologi Informasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data, meliputi didalamnya: memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi. Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah menglobal mampu mencakupi segala aspek yang ada dalam kehidupan. Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dalam bidang pendidikan, TIK banyak memiliki peranan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalihfungsian buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasi sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun, TIK juga memiliki banyak kekurangan. TIK tidak hanya memberikan dampak positif, namun juga memiliki dampak negatif terhadap kehidupan, salah satunya yang menonjol adalah di bidang pendidikan.
1.2.        Rumusan Masalah
1.    Teknologi informasi apa yang digunakan dalam pendidikan?
2.    Apa kelebihan teknologi informasi dalam pendidikan?
3.    Apa kekurangan teknologi informasi dalam pendidikan?

1.3.        Tujuan Penulisan
Tujuan ditulisnya makalah ini diharapkan supaya pembaca dan terkhusus penulis sendiri mengetahui bagaimana teknologi informasi dalam pendidikan atau perkuliahan. Sehingga penulis dan pembaca senantiasa memahami kelebihan dan kekurangan teknologi informasi dalam pendidikan.
1.4.        Metode Penulisan
Adapun teknik yang digunakan dalam penulisan makalah ini yaitu studi pustaka dengan mempelajari buku, browsing internet dan dari sumber lain untuk mendapatkan data dalam pembuatan makalah ini.












BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Teknologi Informasi yang Digunakan dalam Pendidikan
Adapun teknologi informasi dalam pendidikan terbagi atas dua, yaitu:
A.   HARDWARE
1.    Laptop/PC (Personal Computer)
Laptop adalah komputer bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah) yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dari spesifikasi laptop tersebut, laptop dapat digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari komputer. Mereka termasuk layar, keyboard, dan trackpad atau trackball, yang berfungsi sebagai mouse. Karena laptop dimaksudkan untuk digunakan di mana saja, Laptop memiliki baterai yang memungkinkan untuk beroperasi tanpa terhubung ke stopkontak (sumber listrik). Laptop juga termasuk adaptor daya yang memungkinkan untuk menggunakan daya dari stopkontak dan mengisi kembali baterai.
        Kelebihan Laptop, yaitu:
a.    Lebih Flexibel
Jika kita membicarakan laptop lebih flexibel bukan karena komputer dekstop tidak bisa dibawa kemana-mana.Bila membicarakan smartphone dan tablet belum bisa menggantikan laptop sepenuhnya.Mengapa kami mengatakan demikian semua ini dikarenakan smartphone dan tablet belum bisa untuk printer untuk mencetak data-data kita.
b.    Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Cepat
Seperti yang kita ketahui laptop akan sangat membantu mengerjakan aktivitas-aktivitas yang manusia kerjakan dengan cepat menyelesaikannnya.Contohnya dulu orang mengetik dengan mesin ketik konvensional dimana jika ada kesalahan dalam mengetik yang harus kita lakukan adalah mengetik ulang,sedangkan jaman sekarang ini menggunakan laptop kalau ada kesalahan dalam mengetik tinggal kita klik atau pencet tombol delete saja.
c.    Menambah Daya Kreatifitas Otak
Jika dilihat lebih cermat lagi, justru laptoplah yang menghasilkan dari kreatifitas otak pemakainya. Dimana yang kita ketahui bahwa hanya dalam beberapa minggu saja pasti selalu ada update tentang teknologi, maka laptop sebenarnya dirancang juga menambah daya kreatifitas otak.
 Kelemahan Laptop, yaitu:
a.    Susah upgrade komponen. Teknologi berkembang sangat cepat. Hanya dalam waktu singkat muncul inovasi baru yang membuat spesifikasi komputer makin tinggi. Untuk dapat spek lebih, beberapa orang memilih upgrade sebagian komponen komputernya. Dan laptop sulit melakukan ini.
b.    Sperpart (suku cadang) mahal. Selain susah karena komponen kecil-kecil, ternyata harga onderdilnya juga mahal.
c.    Kerusakan menyeluruh. Bila layar, keyboard, atau engsel laptop rusak, untuk memperbaikinya harus dibongkar semua.

2.    Smartphone
Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Bagi beberapa orang, smartphone merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, Smartphone hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat penyambung VGA. Dengan kata lain, Smartphone merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.
Kelebihan Smartphone, yaitu:
·         Mempermudah komunikasi. Misalnya saja ketika orang tua atau pihak keluarga akan menjemput anak ketika pulang sekolah/selesai melakukan kegiatan diluar rumah.
·         Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi. Karena bagaimanapun teknologi ini hari ini sudah merambah hingga kepelososk-pelosok desa.
·         Memperluas jaringan persahabatan.
Kekurangan Smartphone, yaitu:
·         Membuat konsentrasi belajar menurun.
·         Membuat pengeluaran yang bertambah dari sebelumnya.
·         Mengganggu perkembangan anak
·         Efek radiasi
·         Rawan terhadap tindak kejahatan
3.    Proyektor/LCD
Proyektor adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.
Kelebihan proyektor, yaitu:
a.    Dosen dapat lebih mudah menyampaikan materi tanpa harus tanpa harus menuliskannya terlebih dahulu di papan tulis.
b.    Dosen dapat lebih leluasa berinteraksi dengan mahasiswanya.
c.    Mahasiswa dapat lebih leluasa mengekspresikan gagasannya secara terbuka sehingga konsep pembelajaran menarik dan intraktif dapat tercipta dalam proses ini.
d.    Dosen pun dapat lebih mudah mengevaluasi segala bentuk aktivitas pembelajaran yang ada dikelas sehingga proses perbaikan kualitas pendidikan dapat digunakan.

Kekurangan proyektor, yaitu:
a.    Banyak dosen yang malah tergantung dengan media ini bahkan dijadikan sebagai kambing hitam sehingga mereka malas bahkan tidak mau menulis  materi dipapan khususnya teori perhitungan.
b.    Selain materi pembelajarannya berbasi hitungan pun terdapat masalah juga pada materi yang tidak menggunakan hitungan, karena materi yang diberikan oleh guru malah banyak yang berasal dari copy+paste.

B.   SOFTWARE
1.    Microsoft Office
 Microsoft word adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X.  Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah ExcelWord, dan PowerPoint. Versi terbaru dari Aplikasi Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang diluncurkan 29 Januari 2013. Software ini sangat berperan penting dalam dunia pendidikan, khususnya dalam perkuliahan. Perangkat ini sangat mendukung jalannya pertukaran informasi, khususnya dalam pembuatan tugas.
Kelebihan Microsoft office:
·         sebagai software pengolah kata sehingga semua pekerjaan yang berhubungan dengan mengolah kata dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan aplikasi-aplikasi didalamnya seperti, untuk membuat surat, membuat table, membuat tulisan yang bervariasi dengan Word Art, memasukkan gambar, membuat dokumen dan masih banyak lagi.
·         Membantu pelajar atau mahasiswa dalam membuat dokumen, baik itu tugas, artikel, karya tulis, dan lain-lain.
·         Menghemat kertas dan biaya, karena bisa menyimpan hasil pekerjaan dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen.
Kelemahan Microsoft Office:
·         Semua fungsi dan menu Office relatif mudah digunakan, kecuali pada versi terbaru yaitu Microsoft Word 2007. Pada versi ini tampilan, lokasi, dan tempat menu berubah total sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk belajar, memahami dan membiasakan pengguna dengan tampilan menu baru tersebut.
·         Semua dokumen yang dibuat oleh Microsoft Word sangat rentan dan rawan terjangkit virus. Telah banyak virus yang mengganggu dokumen yang dibuat dengan aplikasi ini. Virus tersebut merusak, mengganti kata-kata dalam dokumen, atau bahkan yang lebih parah adalah menghapus dokumen kita.

2.    Google Chrome
Google Chrome adalah sebuah aplikasi peramban yang digunakan untuk menjelajah dunia maya seperti halnya Firefox, Opera ataupun Microsoft Edge. Jika Firefox dikembangkan oleh Mozilla, Google Chrome dibuat dan dirancang oleh Google, perusahaan internet terbesar di dunia yang juga empunya Android.
Proyek open source yang digunakan oleh Google disebut Chromium, menggunakan mesin rendering Webkit sampai dengan versi 27 dan dirancang untuk bekerja dengan kecepatan di atas rata-rata namun tetap ringan dijalankan di perangkat desktop dan mobile.
Kelebihan Google Chrome, yaitu:
·         TAMPILAN : Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memiliki tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan.
·         MODUS PENYAMARAN : Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak.
·         APLIKASI WEB : Google memberikan opsi “Make Application Shortcut” . Dengan underline ini sebuah aplikasi web seperti GMAIL atau Google Teader dapat dijalankan lewat shrtcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi local.
·         PENGELOLAAN MEMORY :  Pada setiap TAB yang dibuka di Chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu ta tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya).
·         PENCARIAN : Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome daat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
·         ANTI PENIPUAN : Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website
Kekurangan Google Chrome, yaitu:
·         PRIVASI : Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
·         LISENSI : Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi indicate ini telah dicabut oleh pihak Google.
·         CELAH KEAMANAN : Beberapa pakar confidence menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki underline Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker.
·         EXTENSIONSPada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.
·         BAHASA : Pada chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.
3.    WinRAR
WinRAR adalah sebuah software yang sangat berguna bagi para pengguna pc jaman sekarang sebagai media untuk menangani dan mengontrol file berkas yang ingin mereka kelola, winrar adalah software pembuat file ber extensions rar. Atau dengan kata lain software comperes yang akan memeperkecil ukuran file lalu kemudian file tersebit akan berubah menjadi rar.
Kelebihan dari WinRAR, yaitu:
a.    Memperkecil Size File
b.    Merapikan file
c.    Melindungi File dari Virus
d.    Mempunyai 2 Jenis Format(RAR dan ZIP)
e.    Dapat mengunci File RAR
 Kekurangan WinRAR, yaitu:
a.    File yang di Compress bisa saja rusak.
b.    Tidak bisa membuka File RAR jika tidak ada Instalasi Winrar.
c.    Tidak bisa mengembalikan RAR yang terkunci.
d.    File yang terkunci masih bisa terlihat Nama dan Jenis Formatnya.
2.2. Kelebihan Teknologi Informasi dalam Pendidikan
a.    Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
b.    Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
c.    Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
d.    Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
2.3. Kekurangan Teknologi Informasi dalam Pendidikan
a.    Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
b.    Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
c.    Salah satu dampak elevise elevise adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).








BAB III
PENUTUP
3.1.        Kesimpulan
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan dewasa ini berlangsung dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik, terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Pengaruhnya meluas ke berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan.
Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Akan tetapi semua itu tidak terlepas dari sisi negatifnya.Menyikapi keadaan ini, maka peran pendidikan sangat penting untuk mengembangkan dampak positif dan memperbaiki dampak negatifnya. Pendidikan tidak antipati atau alergi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun sebaliknya menjadi subyek atau pelopor dalam pengembangannya.









DAFTAR PUSTAKA
Laudon, Kenneth C. Laudson, Jane P. Sistem Informasi Manajemen.
Jakarta: Salemba Empat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERAPAN E-GOVERNMENT PADA KOTA MAKASSAR "MAKASSAR SOMBERE & SMART CITY - MAKASSAR TOURISM APP"

KEJAHATAN HACKING SITUS PRESIDEN SBY